Home / News

Senin, 12 April 2021 - 06:07 WIB

Kunjungi Wilayah Gempa Malang, Gubernur Jatim Lakukan Inventarisasi Bersama Kepala BNPB RI

Jawa timur, BeritaharianJatim – Gubernur Jawa timur Khofifah Indar parawansa melakukan kunjungan ke beberapa wilayah di kabupaten malang dalam rangka meninjau dan mengunjungi korban Gempa yang sempat mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya, minggu (11/4/2021)

Kehadiran gubernur perempuan pertama di Jawa timur tersebut di dampingi kepala BNPB RI Doni Monardo dan bupati malang sanusi yang langsung meninjau beberapa lokasi yang terdampak gempa yang membuat beberapa bangunan seperti sekolah dan tempat ibadah rusak.

Dalam kunjungannya, Khofifah dan kepala BNPB meninjau salah satu sekolah yaitu MAN 2 malang, sekolah yang gedung kelas yang berada di lantai 2 tersebut seluruh atapnya ambrol akibat gempa.

Order Logo Murah

“Ada tiga titik yang saya kunjungi hari ini di Turen, Dampit, dan Ampelgading,” ucap Khofifah.

Khofifah juga menjelaskan saat kunjungan jika Pemerintah Provinsi Jawa Timur berserta Pemerintah Kabupaten Malang sedang melakukan pendataan terkait dengan dampak kerusakan akibat gempa.

Baca Juga :  Sejumlah Wartawan Sumenep Kutuk Aksi Kekerasan Terhadap Jurnalis Tempo diSurabaya

Sedangkan kepala BNPB Doni Monardo berencana akan memberikan dana stimulan berupa bantuan 50 juta rupiah untuk bangunan yang mengalami kerusakan parah, 25 juta untuk kerusakan sedang, dan 10 juta rupiah dalam rangka renovasi dan revitalisasi, “nanti teknisnya Pemda pemprov mengajukan permohonan kepada BNPB”, ucapnya

Menanggapi permintaan dari Kepala BNPB tersebut, Khofifah akan segera melakukan inventarisasi terkait kerusakan, “Kami sedang melakukan inventarisasi dan pendataan titik mana saja yang masuk ke dalam kategori rusak ringan, sedang, ataupun, parah,” ucap khififah

Dalam kunjungannya di MAN 2 Malang, Khofifah juga menginstruksikan kepada para pihak pemerintahan terkait untuk terus memberikan update informasi terkait dengan adanya kerusakan gempa dan keperluan untuk dievakuasi.

Baca Juga :  Terkait BOP TPQ, Alpart Datangi Kantor BNI Cabang Pamekasan

Bupati Malang Sanusi juga memberikan konfirmasi kepada wartawan jika jumlah korban jiwa di Kabupaten Malang sejumlah 3 orang.

“Kabupaten Malang korbannya ada 3 orang,” ujar Sanusi.

Sanusi juga menegaskan, untuk korban luka ringan sudah ditangani dan dievakuasi ke layanan kesehatan terdekat. “Untuk korban luka ringan sudah kami larikan ke Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat, dan Pemkab yang membayari biayanya,” ujarnya.

Sementara itu, Khofifah juga menjelaskan jika seluruh jajaran yang bertugas menangani bencana sudah ditugaskan dan diinstruksikan agar tetap bersinergi dan saling berkolaborasi dalam hal penanganan bencana.

“Kami sudah koordinasi juga dengan Pangdam, Wakapolda, dan relawan yang terkait untuk terus memantau dan bekerja sama dalam hal penanganan.” imbuhnya.(ddg/hf)

Share :

Baca Juga

News

Kunjungi Korban Tanah Longsor, Gubernur Jawa Timur Berikan Bantuan

News

Bea dan Cukai Madura Diduga Tidak Berpihak Kepada Masyarakat Madura

News

Disambangi Debt Collector, Tak Perlu Panik, Wajib Tanyakan 4 Hal Ini Sebagai Perlawanan

News

BOP TPQ Bermasalah, Benarkah Banyak TPQ Siluman di Pamekasan?

News

KOORDINATOR KOMUNITAS KRETEK: ADA KARTEL DALAM BISNIS TEMBAKAU

News

Aksi Jilid II, Pamekasan Progress Desak KPK Periksa Bupati Badrut Tamam dalam Kasus Mobil Sigap

News

POLRES PAMEKASAN DIDUGA TIDAK SERIUS MENGUNGKAP MAFIA PUPUK DI PAMEKASAN

News

DPC Peradi Pamekasan Gelar Rapat Kordinasi Perlindungan Anggota