Home / News

Jumat, 23 Februari 2024 - 08:41 WIB

Harumkan Nama Sumenep, DKPP Sumenep Raih Prestasi PPH

Sumenep, BeritaHarian_Jatim. 23/02/2024. Ucapan rasa syukur disampaikan langsung Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Arif Firmanto.

Kepala DKPP Sumenep menyampaikan rasa syukur setelah berhasil meraih prestasi atas capaian Pola Pangan Harapan (PPH) terbaik tingkat nasional pada Kamis (15/2/2024) kemarin. Prestasi capaian PPH itu diraih dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI.

Arif Firmanto, mengaku bahwa capaian prestasi itu tak luput dari kerjasama dari berbagai pihak. Salah satunya, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK).

Order Logo Murah

“Jadi, hal itu kami lakukan untuk mengedukasi masyarakat agar bisa mengkonsumsi selain beras, intinya Bergizi Seimbang, Dan Aman (B2SA),” katanya, di ruang kerjanya, Kamis (22/02/2024) pagi.

Baca Juga :  DPD LIRA SUMENEP RESMI TERBENTUK

Menurutnya, selain edukasi, pihaknya juga melakukan pelatihan-pelatihan bersama TP PKK ke desa-desa bersama dinas terkait. “Kita juga salurkan bantuan, contohnya di luar bantuan dari padi seperti ubi atau garut,” paparnya.

Untuk diketahui, garut sendiri adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan. “Hal itu kita kembangkan juga, spot-spot seperti itu kita jalankan ke sekolah-sekolah. Misalnya bantuan peralatan di kantin sekolah,” tukasnya.

Dia menambahkan, bahwa untuk makanan yang mengandung karbohidrat tidak hanya dari sisi beras saja melainkan bisa dari makanan yang bersifat karbohidrat lainnya. “Padahal, kalau kita campur dengan beras jagung bisa nambah sehat juga. Itu manfaat jagung ya,” ujarnya.

Dengan demikian, skor PPH itu dinilai langsung dari upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Mulai dari kinerja dan data-data yang ada di lapangan serta hasil edukasi yang telah berjalan maksimal.

Baca Juga :  Masyarakat Berharap, Proses Pergantian Wakil Bupati Pamekasan Berjalan Fair

Sekedar informasi, skor PPH merupakan indikator mutu gizi dan keragaman konsumsi pangan sehingga dapat digunakan untuk merencanakan kebutuhan konsumsi pangan.

Skor PPH saat ini menjadi yang tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya berharap dari prestasi yang didapatkan itu bisa menjadi cambuk untuk lebih meningkatkan kinerja. “Capaian ini adalah sebuah prestasi hebat, agar kegiatan kinerja kita lebih baik lagi,” ucapnya.

Bahkan, prestasi itu menurutnya lebih mudah dari pada mempertahankan. Sebab, pihaknya optimis peningkatan kinerja dapat terus dilkukan.yz/yn

Share :

Baca Juga

News

54 Tempat Latihan Psht Cabang Pamekasan Pusat Madiun Laksanakan UKT

News

POLRES PAMEKASAN DIDUGA TIDAK SERIUS MENGUNGKAP MAFIA PUPUK DI PAMEKASAN

Covid-19

Begini Cara Dapatkan Endorse Gratis Koperasi Syariah Nuri

News

Rakyat Berharap Fattah Yasin Bekerja Untuk Rakyat, Bukan Untuk Camera”

News

Persoalan rokok ilegal di madura terus bergulir

News

Alpart gelar audiensi tentang DBHCHT tahun 2021 di komisi II DPRD kabupaten Pamekasan

News

ANGGOTA KOMISI VI PERKUAT PEMBANGUNAN PROYEK STRATEGI NASIONAL

News

PSHT Cabang Pamekasan Raih Juara Umum Dalam Ajang KEJURKAB Pencak Silat”